Thursday, November 12, 2020

Menonton Televisi Bersama

 


Assalamualaikum.

Tabik pun,

 

Menjadi sahabat anak adalah harapan bagi setiap orang tua, termasuk saya. Sedih rasanya jika anak lebih memilih untuk berlama-lama dengan orang lain. Tentu saja saya harus menyediakan waktu untuk bersama anak-anak. Menyediakan waktu tidak sekedar menghadirkan diri secara fisik, akan tetapi menghadirkan juga sepenuh jiwa, pikiran, dan perhatian untuk bersama dengan anak-anak.

Nama Kegiatan   : Sahabat, Cinta, dan Bahagia

Penasehat          : Abi

Ketua                 : Ummi

Anggota             : Mamas M (6,5 tahun)

                           Mbak M (5 tahun)

                           Adek Q (2 tahun)

 

Rencana

Menonton televisi bersama. Saya dan anak-anak menonton televisi bersama. Saya akan memberitahukan mana tontonan yang layak untuk ditonton dan bagaimana menyikapi tontonan yang tidak/kurang baik.

 

Aktual dan Kendala

Siang saat jeda WFH, saya mempersilakan anak-anak untuk menonton televisi. Mamas memilih untuk menonton tayangan tentang jagoan, pahlawan penyelamat bumi. Di pojok kirinya tertulis 13+. Saya memberi tahu mamas bahwa itu tayangan untuk yang berusia 13 tahun ke atas. Saya mengajak dialog apakah yang boleh ditonton oleh anak seusianya.

 

Kemudian Mbak M memilih tontonan kartun. Tayangan itu memang untuk anak-anak seusianya. Namun pesan dari tontonan tersebut tidak sesuai dengan nilai-nilai Islam yang kami anut. Dalam tayangan film tersebut digambarkan si tokoh utama meminta pada pohon. Mbak dan mamas tidak mau mengganti saluran televisi tersebut. Akhirnya saya berusaha memberikan pengertian bahwa kalau dalam Islam, hanya kepada Allah tempat meminta, jika meminta pada selain-Nya, maka itulah syirik.

 

Kendala yang saya hadapi adalah saat memilih kata yang tepat untuk menyampaikan bahwa tayangan yang ada di televisi itu tidak layak untuk ditonton. Banyak sekali tayangan-tayangan yang tidak sesuai, yang mencampuradukkan hal yang benar dan salah. Sehingga saya harus mampu mengarahkan tapi tidak baper.

 

Refleksi

Televisi ada benda elektronik yang mdah dijumpai di mana saja. Televisi saat ini berisi tentang acara-acara yang beragam, yang seringkali tayangannya tidak sesuai untuk ditonton anak-anak. Oleh karena itu anak-anak harus ditemani dan diarahkan saat menonton televisi. Namun ada kalanya orang tua tidak bisa menemani saat mereka menonton di tempat lain, sehingga orang tua harus memberi tahu anak-anak tentang rambu-rambu dalam menonton.

 

Ekspresi

90% untuk kegiatan siang ini.

 

#harike10

#tantangan15hari

#zona3cerdasemosidanspiritual

#pantaibentangpetualang

#institutibuprofesional

#petualangbahagia

#familyproject

#sahabatterbaik

 

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan berkomentar yang sopan ya :)



Jangan lupa follow IG @ummi_lilihmuflihah dan Twitter @UmmiLilih