Tuesday, November 10, 2020

Mengedit Foto Bersama Ummi

 


Assalamualaikum.

Tabik pun,

 

Berhadapan dengan situasi pandemi memang tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Covid-19 tidak hanya menyerang kesehatan fisik, tetapi juga kesehatan jiwa. Pandemi tidak hanya merusak keadaan ekonomi, tetapi juga keadaan sosial. Banyak perubahan yang serta merta harus dihadapi, salah satuya adalah perubahan pengaturan waktu bagi seorang ibu yang bekerja di ranah publik. Pekerjaan dan tanggung jawab menjadi beban yang berat karena tidak ada lagi batas pekerjaan ranah domestik dan ranah publik. Energi terasa terkuras saat harus mengelola emosi agar tetap waras.

Saat ini, saya hanya memiliki kewajiban untuk dua kali seminggu datang ke kampus, namun tugas saya sebagai dosen harus saya lakukan setiap hari di rumah. Beberapa orang menganggap, kalau saya di rumah berarti tidak bekerja. Padahal saat di rumah, pekerjaan menjadi berganda dan bertumpuk menjadi satu. Saya juga harus menghadapi kendala, kadang-kadang Adek M minta diantar pulang dari rumah Budenya, saat mengetahui saya ada di rumah. Mamas M dan Mbak M juga harus bermain di luar rumah saat saya sedang mengajar secara daring. Jika tidak, mereka penasaran dengan apa yang saya lakukan dan ingin pula ikut tampil secara daring.

Manajemen emosi dan waktu saya kacau balau. Awalnya saya terseok-seok, sampai pada akhirnya saya pun sadar bahwa saya harus fleksibel dalam mengatur waktu agar semua peran dan tanggung jawab bisa saya penuhi dengan baik. Kalau jadwal mengajar agak sulit untuk diubah, anak-anak harus mengalah untuk keluar rumah di saat saya mengajar. Namun sebelum atau sesudah mengajar secara daring dan mengerjakan tugas lainnya, saya melakukan pekerjaan rutin rumah tangga dan membersamai anak-anak. Sering saya mengurangi waktu tidur saya untuk menyelesaikan tugas-tugas sebagai dosen yang belum bisa diselesaikan di siang hari. Begitulah, masalah memang harus dihadapi, apapun yang terjadi.

Nama Kegiatan      : Sahabat, Cinta, dan Bahagia

Penasehat               : Abi

Ketua                      : Ummi

Anggota                 : Mamas M (6,5 tahun)

                                 Mbak M (5 tahun)

                                 Adek Q (2 tahun)

Rencana

Bermain bersama anak-anak di sela-sela WFH harus saya lakukan. Itulah cara saya menghadapi situasi era normal baru. Siang setelah Mamas M dan Mbak M pulang dari bermain di luar, saya mau mengajak mereka bersantai di dalam kamar sambil mengedit foto.

 

Aktual dan Kendala

Hasil Mengedit Foto Bersama Ummi


Mamas M memilih foto adek Q sebagai objek yang akan diedit. kemudian saya bebaskan dia untuk mengedit foto-foto yang ada di galeri sambil terus dipantau. Dia memang lihai mengotak-atik gawai. Kadang dia lebih tahu cara mengaplikasikan suatu aplikasi ketimbang saya. Oleh karena itu saya berusaha memastikan agar gawai saya aman untuk digunakan oleh anak-anak. Secara rutin saya mengecek isi pesan, galeri foto dan video, saya juga mengatur aplikasi tertentu agar aman jika dilihat oleh anak-anak.


Kegiatan ini hanya dilakukan oleh mamas dan saya, sementara adek masih dititipkan di rumah bude dan mbak tidur dengan pulas karena mengantuk. Tidak ada kendala yang kami hadapi dalam kegiatan ini.

 

Refleksi

Kegiatan mengedit foto memang disukai oleh mamas, namun saya harus membatasi waktunya untuk memegang gawai. Karena kegiatan ini dilakukan di siang hari, rawan bagi saya untuk tertidur. Sering kali kelelahan membuat saya agak sulit untuk menahan kantuk. Kalau lepas dari pantauan, mamas dipastikan tidak hanya sekedar mengedit foto tetapi juga membuka aplikasi lainnya.

 

Ekspresi

95 % untuk kegiatan siang ini. Kami semua bahagia.

 

#harike4

#tantangan15hari

#zona3cerdasemosidanspiritual

#pantaibentangpetualang

#institutibuprofesional

#petualangbahagia

#familyproject

#sahabatterbaik

 

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan berkomentar yang sopan ya :)



Jangan lupa follow IG @ummi_lilihmuflihah dan Twitter @UmmiLilih