Thursday, November 12, 2020

Bermain Bersama Lagi

 


Assalamualaikum.

Tabik pun,


Sore hari adalah waktu yang pas untuk berkumpul. Biasanya di sore hari, setelah anak-anak pulang dari mengaji, anak-anak bermain di rumah sebentar sambil menunggu azan Maghrib berkumandang. Kadang-kadang mereka minta untuk disiapkan makan sore. Anak-anak terbiasa makan sendiri, termasuk anak yang paling kecil juga sudah mulai sering makan sendiri. Namun sesekali, saya menyuapi mereka secara bersamaan. Bukan karena saya tidak ingin mereka mandiri, akan tetapi kadang-kadang, anak-anak kurang berselera dengan makanan yang tersedia atau saya butuh ritme waktu yang cepat di kala tertentu.

 

Mengikuti tantangan bunda sayang kali ini, membuat saya banyak belajar. Apalagi pada zona ketiga ini, saya belajar untuk menjadi sahabat terbaik bagi anak-anak. Saya mencoba terus membangun kedekatan di antara kami. Kebersamaan dengan anak-anak tidaklah lama, seiring bertambahnya usia anak-anak, akan semakin jarang kebersamaan dengan mereka. Bermain bersama adalah cara paling mudah untuk menjalin kebersamaan itu. meskipun mereka juga butuh waktu untuk dibiarkan bermain sendiri. Seimbang dan tidak berlebihan dalam membersamai anak-anak, begitulah hasil perenungan saya.

 

Nama Kegiatan   : Sahabat, Cinta, dan Bahagia

Penasehat          : Abi

Ketua                 : Ummi

Anggota             : Mamas M (6,5 tahun)

                           Mbak M (5 tahun)

                           Adek Q (2 tahun)

 

Rencana

Bermain bersama anak-anak di sore hari. Saya akan menemani mereka bermain apa saja. Saya hanya akan melihat dan mendengarkan celotehan mereka dari dekat.

 

Aktual dan Kendala

Mbak M dan Adek Q sedang bermain


Saya sering meluangkan waktu untuk bermain bersama anak-anak. Anak-anak juga sesekali meminta secara khusus untuk ditemani bermain. Namun bermain bersama lagi kali ini sedikit berbeda karena saya hanya sebagai pengamat saja. Saya berusaha untuk tidak ikut campur dalam menyelesaikan perselisihan di antara mereka saat bermain. Biasanya saya suka reflek membantu menyelesaikan perselisihan di antara mereka.

Tidak ada kendala dalam kegiatan ini, anak-anak bermain bersama, sesekali bermain masing-masing. Sempat terjadi perselisihan karena adek mengacak-acak mainan yang ada. Mamas sempat menangis karena kesal lego yang sudah disusun diacak-acak oleh adek.

 

Refleksi

Anak-anak berhasil menyelesaikan perselisihan di antara mereka.

 

Ekspresi

98 % untuk kegiatan sore ini. Kami semua bahagia.

 

#harike7

#tantangan15hari

#zona3cerdasemosidanspiritual

#pantaibentangpetualang

#institutibuprofesional

#petualangbahagia

#familyproject

#sahabatterbaik

 

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan berkomentar yang sopan ya :)



Jangan lupa follow IG @ummi_lilihmuflihah dan Twitter @UmmiLilih