Thursday, October 15, 2020

Menyisir Rambut Sendiri

 


Assalamu’alaikum.

Tabik pun,

Tantangan melatih kemandirian Bunda Sayang Ibu Profesional sudah memasuki hari terakhir. Pada dasarnya ini bukan sekedar mengumpulkan tugas, namun lebih pada pembentukan karakter sebagai orang tua. Kesadaran bahwa kemandirian anak perlu dilatih sejak dini dan dimulai dari hal-hal yang kecil. Menurut artikel yang pernah saya baca, anak yang mandiri memiliki kualitas kehidupan yang lebih baik. Anak yang mandiri akan tumbuh dengan rasa percaya diri, bertanggung jawab, tidak egois, dan solutif. Anak yang mandiri akan lebih bisa mudah beradaptasi dengan lingkungannya dan cenderung mampu menyelesaikan masalahnya dengan baik. Akan tetapi dalam paraktiknya, saat melatih kemandirian orang tua dihadapkan pada berbagai tantangan.

Temuanku

Menyisir rambut adalah salah satu kegiatan yang masih sering saya dominasi. Mbak M masih enggan untuk menyisir rambutnya sendiri dan selalu merayu saya untuk menyisir rambutnya.

Strong why

Beberapa manfaat menyisir rambut di artikel yang pernah saya baca antara lain menjaga rambut agar tidak mudah kusut, melancarkan peredaran darah, dan membuat rambut menjadi rapi. Melatih menyisir rambut merupakan salah satu cara untuk menumbuhkan kemandirian, selain itu aktivitas menyisir rambut bisa merangsang syaraf motoriknya.

Strategi untuk melatih kemandirian

Mengingatkan Mbak M tentang manfaat menyisir rambut, lalu memperagakan cara menyisir rambut yang benar.

Sukses apa aku hari ini

Mbak M sudah mau memegang sisir dan menyisir rambutnya sendiri namun ia belum percaya diri dengan hasil menyisirnya. Sehingga ia meminta umminya untuk menyisirkan rambutnya kembali.

Tantanganku saat ini

Belum percaya diri menyisir sendiri.

Ingin sukses apa esok hari

Semoga esok bisa lebih baik lagi. Saya bisa lebih kompak dengan abinya anak-anak dan bersabar menghadapi keseruan melatih kemandirian anak-anak.

Rasaku hari ini

Perasaan saya hari ini senang karena Mbak M mulai mau menyisir rambutnya sendiri.

Respon ananda

Mbak M bersemangat menyisir rambutnya sendiri meski ia menyadari kalau hasilnya belum maksimal.

 

 

 

 


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan berkomentar yang sopan ya :)



Jangan lupa follow IG @ummi_lilihmuflihah dan Twitter @UmmiLilih