Thursday, October 15, 2020

Menjemur Pakaian Basah dan Mengangkat Pakaian Kering

 


Assalamu’alaikum.

Tabik pun,

Kemandirian anak perlu dilatih sejak dini dan dimulai dari hal-hal yang kecil. Menurut artikel yang pernah saya baca, anak yang mandiri memiliki kualitas kehidupan yang lebih baik. Anak yang mandiri akan tumbuh dengan rasa percaya diri, bertanggung jawab, tidak egois, dan solutif. Anak yang mandiri akan lebih bisa mudah beradaptasi dengan lingkungannya dan cenderung mampu menyelesaikan masalahnya dengan baik. Akan tetapi dalam paraktiknya, saat melatih kemandirian orang tua dihadapkan pada berbagai tantangan.

Temuanku

Mbak M sudah mulai tertarik dengan kegiatan umminya. Beberapa kali ia membantu umminya dalam pekerjaan rumah tangga yang ringan. Saya sering mengatakan kepada anak-anak bahwa anak-anak boleh membantu meringankan pekerjaan rumah tangga asalkan ada izin dan pengawasan orang dewasa. Hari ini Mbak M saya minta untuk membantu menjemur pakaian basah dan mengangkat pakaian kering. Ia antusias karena dilakukan sambil berbincang, bercanda, dan bermain.

Strong why

Memberikan kesempatan kepada anak untuk menjemur pakaian basah dan megangkat pakaian kering dapat menumbuhkan rasa kepedulian dan tanggung jawab. Pada saat menjemur atau mengangkat pakaian, tangan-tangannya bergerak dan matanya juga harus fokus.

Strategi untuk melatih kemandirian

Membiarkan Mbak M menjemur pakaian basah dan mengangkat pakaian kering sesuai keinginannya dan meminta Mbak M untuk melihat cara umminya.

Sukses apa aku hari ini

Mbak M berhasil membantu saya menjemur pakaian basah dan mengangkat pakaian kering dengan baik, tentu saja saya hanya mempersilakan ia melakukannya pada pakaian yang berukuran kecil.

Tantanganku saat ini

Tidak ada tantangan yang berarti hari ini. Mbak M sudah cukup membantu umminya dalam menjemur dan mengangkat pakaian.

Ingin sukses apa esok hari

Semoga esok bisa lebih baik lagi. Saya bisa lebih kompak dengan abinya anak-anak dan bersabar menghadapi keseruan melatih kemandirian anaka-anak.

Rasaku hari ini

Perasaan saya hari ini sangat bahagia karena Mbak M mulai menaruh perhatian terhadap aktivitas umminya di rumah.

Respon ananda

Mbak M juga sangat bahagia karena ia bisa membantu umminya menjemur dan mengangkat pakaian.

 


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan berkomentar yang sopan ya :)



Jangan lupa follow IG @ummi_lilihmuflihah dan Twitter @UmmiLilih