Thursday, October 15, 2020

Menaruh Peralatan Makan di Dapur



Assalamu’alaikum.

Tabik pun,

Memiliki tiga orang anak yang ketiganya masih berada di rentang usia 0-6 tahun memang butuh kesabaran yang tinggi. Jika pada tantangan sebelumnya, yaitu Komunikasi Produktif saya melibatkan si sulung, untuk tantangan Melatih Kemandirian ini saya melibatkan anak kedua saya. Saya menganggap si sulung sudah cukup mandiri untuk anak seusianya, meskipun terkadang dia bersikap manja. Awalnya saya memang ingin melibatkan si sulung untuk melatih kemandirian dalam hal uang. Saya ingin dia mulai mengetahui makna uang dan bagaimana cara mendapatkan uang. Karena si sulung memang masih belum terlalu mengerti bagaimana menghargai uang maupun benda yang dia beli. Akan tetapi setelah saya pertimbangkan kembali, akhirnya si tengah yang dilibatkan dalam tantangan ini. 

Temuanku

Mbak M sudah bisa makan sendiri, meski kadang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menghabiskan makanan yang ada di piringnya. Saya selalu membiasakan anak-anak untuk menaruh peralatan makannya setelah selesai makan, namun Mbak M kadang lupa atau malas untuk melakukannya karena sudah fokus dengan hal lain misalnya mainan atau televisi.

Strong why

Menaruh peralatan makan di dapur setelah selesai makan merupakan salah satu cara untuk melatih rasa tanggung jawab dan disiplin.

Strategi untuk melatih kemandirian

Meniadakan atau mengurangi potensi hambatan dengan tidak menyalakan televisi dan memastikan mainan sudah masuk ke dalam kotak maianan sebelum makan. Mengingatkan untuk menaruh peralatan makan di dapur setelah selesai makan.

Sukses apa aku hari ini

Mbak M memilih dan mengenakan pakaian sendiri, namun masih membutuhkan waktu yang lama karena ia sambil bernyanyi dan mengajak ngobrol adik bungsunya.

Tantanganku saat ini

Tidak ada tantangan yang berarti hari ini. Mbak M menaruh peralatan makannya setelah selesai makan.

Ingin sukses apa esok hari

Semoga esok bisa lebih baik lagi. Saya bisa lebih kompak dengan abinya anak-anak dan bersabar menghadapi keseruan melatih kemandirian anaka-anak.

Rasaku hari ini

Perasaan saya hari ini sangat bahagia karena Mbak M tidak melupakan untuk menaruh peralatan makannya setelah makan

Respon ananda

Mbak M juga sangat bahagia karena ia mendapatkan senyuman terindah dan untaian kalimat pujian dari umminya.


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan berkomentar yang sopan ya :)



Jangan lupa follow IG @ummi_lilihmuflihah dan Twitter @UmmiLilih