Thursday, October 15, 2020

Menaruh Handuk di Jemuran

 


Assalamu’alaikum.

Tabik pun,

Melatih kemandirian kali ini mungkin bagi sebagian orang adalah hal yang sepele. Bagi saya melatih kemandirian bukan hanya untuk bekal dia saat orang tuanya sudah tiada, tapi juga sebagai bekal dia menghadapi masa depannya. Melatih kemandirian diimulai dari hal yang kecil, dilatih dan dibiasakan, bertahap, dan berkelanjutan, itulah poin pentingnya. Mbak M pada bulan Oktober ini  genap berusia 5 tahun. Saya sudah melatihnya mandiri untuk beberapa pekerjaan. Mbak M termasuk anak yang manja dan dia pintar merayu orang-orang yang ada di sekitarnya agar mengikuti apa yang dia inginkan. Dia juga termasuk tipe yang memiliki ketetapan hati yang kuat, sehingga sedikit sulit untuk bernegosiasi terhadap keinginannya. Dia butuh waktu yang lama saat mandi, mengenakan pakaian, atau makan sendiri. Dengan situasi ini kadang orang di sekitarnya greget dan akhirnya membantu bahkan menggantikan pekerjaan yang seharusnya dia lakukan sendiri.

Temuanku

Menaruh handuk di jemuran setelah mandi merupakan hal sepele yang perlu dibiasakan. Saya teringat cerita beberapa kawan yang ribut dengan pasangannya karena hal sepele tersebut, pasangannya menaruh handuk basah di atas tempat tidur, tidak menjemurnya. Hari ini Mbak M saya ingatkan kembali untuk menaruh handuk yang sudah digunakan di jemuran setelah mandi. Kadang kala Mbak M lupa dan meninggalkannya di atas kasur atau di atas kursi.

Strong why

Menaruh handuk setelah digunakan di jemuran merupakan salah satu cara untuk melatih kemandirian yang bisa memunculkan rasa tangung jawab anak.

Strategi untuk melatih kemandirian

Mengingatkan Mbak M untuk menaruh handuk setelah selesai digunakan di jemuran.

Sukses apa aku hari ini

Mbak M menaruh handuknya di jemuran, namun beberapa kali perlu diingatkan. Hal ini karena ia masih belum bisa mengenakan pakaian dengan cepat, handuk ditaruh begitu saja di atas kasur.

Tantanganku saat ini

Mbak M masih belum bisa dengan segera menaruh handuk setelah digunakan di jemuran.

Ingin sukses apa esok hari

Semoga esok bisa lebih baik lagi. Saya bisa lebih kompak dengan abinya anak-anak dan bersabar menghadapi keseruan melatih kemandirian anaka-anak.

Rasaku hari ini

Perasaan saya hari ini seidikit kecewa karena belum cepat tanggap untuk menaruh handuk di jemuran setelah digunakan

Respon ananda

Mbak M kurang bersemangat menaruh handuk di jemuran setelah digunakan.

 

 

 


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan berkomentar yang sopan ya :)



Jangan lupa follow IG @ummi_lilihmuflihah dan Twitter @UmmiLilih