Thursday, October 15, 2020

Membantu Ummi Memetik Daun Bayam

 



Assalamu’alaikum.

Tabik pun,

Tantangan melatih kemandirian Bunda Sayang Ibu Profesional masih berlanjut. Kemandirian anak dapat dibangun dengan dukungan dan kesempatan yang diberikan oleh orang tua dan lingkungan sekitarnya. Tentu saja dukungan dan kesempatan itu harus diiringi dengan kesabaran dan komitmen karena memberikan kesempatan kepada anak untuk mencoba sesuatu tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Ketika pertama kali seorang anak melakukan sesuatu, dibutuhkan kesabaran orang tua untuk membimbing dan melatihnya. Lalu, saat si anak sudah bisa melakukannya, orang tua harus memiliki komitmen yang tinggi, misalnya anak membutuhkan waktu yang lama untuk makan, makanan yang di makan ada yang jatuh dan berserakan di lantai, dan sebagainya.

Temuanku

Mbak M pernah saya minta untuk memetik daun kelor tapi belum pernah memetik daun bayam. Kemarin ia meminta saya untuk menyayur bayam. Hari ini saya membeli bayam di warung online. Semenjak pandemi saya memilih untuk berbelanja sayur secara online. Mbak M sangat senang ketika tahu bahwa keinginannya untuk makan sayur bayam akan terwujud. Saya memanfaatkan momen ini untuk memintanya membantu saya memetik bayam.

Strong why

Memetik bayam merupakan salah satu kemandirian yang saya latih pada Mbak M. Membantu memetik bayam tidak sekedar membantu mempercepat proses jadinya sayaur bayam, tetapi lebih pada melatih Mbak M untuk teliti, terampil, dan cekatan.

Strategi untuk melatih kemandirian

Membiarkan Mbak M memetik daun bayam dari tangkainya dan memberi tahu bagaimana cara memetik daun bayam dan cara memilih daun bayam.

Sukses apa aku hari ini

Mbak M berhasil membantu saya memetik daun bayam dari tangkainya, namun tidak sampai akhir karena mungkin ia merasa lebih tertarik untuk memainkan tangkai-tangkai bayam.

Tantanganku saat ini

Tidak ada tantangan yang berarti hari ini. Mbak M sudah cukup membantu umminya dalam memetik daun bayam dari tangkainya.

Ingin sukses apa esok hari

Semoga esok bisa lebih baik lagi. Saya bisa lebih kompak dengan abinya anak-anak dan bersabar menghadapi keseruan melatih kemandirian anaka-anak.

Rasaku hari ini

Perasaan saya hari ini sangat bahagia karena Mbak M mulai menaruh perhatian terhadap aktivitas umminya di rumah.

Respon ananda

Mbak M juga sangat bahagia karena ia bisa makan sayur bayam yang dalam prosesnya ia turut membantu.

 


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan berkomentar yang sopan ya :)



Jangan lupa follow IG @ummi_lilihmuflihah dan Twitter @UmmiLilih