Thursday, October 15, 2020

Aku Bisa Melakukannya Sendiri

 

Assalamu’alaikum.

Tabik pun,

Tantangan melatih kemandirian yang paling besar bagi saya adalah kurangnya kesabaran dalam menghadapi tingkah laku anak-anak. Terkadang anak-anak mencari perhatian yang berlebihan dengan orang tuanya, sehingga ia tidak mau melakukan sesuatu padahal bisa dilakukannya sendiri. Kesabaran inilah yang terus-menerus saya latih dalam membersamai anak-anak. Saya adalah tipe yang mandiri sejak kecil. Kadang-kadang tanpa sadar saya  menerapkan gaya didikan orang tua saya saya dulu yang ternyata tidak selalu bisa diterapkan pada anak-anak zaman sekarang.

Temuanku

Saya menunda menyekolahkan Mbak M karena pandemi, meski ia sudah ingin sekali sekolah. Saya membesarkan hatinya dengan mengatakan bahwa ia bisa tetap belajar di rumah meski belum sekolah. Saya mengajarkannya membaca, menulis, dan menggambar. Selain itu saya juga mengajarkan cara bersuci setelah Buang Air Besar (BAB) dan Buang Air Kecil (BAK).

Strong why

Bersuci setelah BAB dan BAK merupakan hal yang wajib dilakukan. Mengajarkan Mbak M melakukannya sendiri menjadi bagian dari pengajaran pentingnya bersuci dari hadas besar dan kecil.

Strategi untuk melatih kemandirian

Memberi tahu cara bersuci setelah BAB dan BAK.

Sukses apa aku hari ini

Mbak M sudah bisa bersuci sendiri setelah BAK, namun masih kesulitan untuk bersuci setelah BAB.

Tantanganku saat ini

Saya masih suka khawatir apakah yang ia sudah bersuci dengan benar, khawatir juga jika air di ember menjadi terkena cipratan air najis.

Ingin sukses apa esok hari

Semoga esok bisa lebih baik lagi. Saya bisa lebih kompak dengan abinya anak-anak dan bersabar menghadapi keseruan melatih kemandirian anak-anak.

Rasaku hari ini

Perasaan saya bangga karena Mbak M sudah berusaha dan membuktikan bahwa dirinya bisa melakukan apa yang saya contohkan.

Respon ananda

Mbak M bersemangat karena merasa aku bisa melakukannya.


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan berkomentar yang sopan ya :)



Jangan lupa follow IG @ummi_lilihmuflihah dan Twitter @UmmiLilih