Monday, April 13, 2020

Gelar Buku dan Dongeng untuk Mini Project Orientasi Komunitas Ibu Profesional


Tabik pun,

Ibu Profesional merupakan salah satu komunitas yang saya ikuti. Di komunitas ini saya banyak belajar mengenai banyak hal terutama yang berkaitan dengan peran saya sebagai ibu. Ibu Profesional merupakan komunitas para Ibu dan calon ibu yang ingin meningkatkan kualitas diri sebagai seorang perempuan, seorang istri dan seorang ibu. Di komunitas ini kami saling menguatkan, saling belajar tentang banyak hal untuk mengoptimalisasi peran yang kami ambil.


Tugas kali ini adalah membuat mini project dari orientasi komunitas ibu profesional.

Nama Kegiatan: 

Gelar Buku dan Dongeng

Deskripsi:

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengaruh baik terhadap anak-anak melalui membaca buku dan mendengarkan dongeng. Di sekitar lingkungan sekitar tempat tinggal saya banyak yang masih kurang kepeduliannya terhadap perkembangan anak-anak. Banyak anak dibiarkan bermain begitu saja di luar rumah tanpa pengawasan, bahkan ada yang bermain hingga sore hari. Bagi anak yang lebih besar usianya, sudah menyukai berkumpul di rental PS. Belum lagi pernah ada beberapa remaja dan pemuda yang tertangkap polisi karena narkoba. Bagi yang menengah ekonomi ke atas kebanyakan menyekolahkan anak-anaknya di tempat yang jauh untuk menghindari pengaruh buruk yang ada.

Kegiatan ini untuk tahap awal akan melibatkan RISMA di Masjid dekat rumah kami sebagai panitia acara. Selanjutnya jika sudah berjalan, akan melibatkan orang tua yang memiliki anak usia pra TK, TK, an SD sebagai tim kerja pelaksana kegiatan.

Susunan tim:

NO
BAGIAN
TUGAS
1.
Penasehat
memberikan saran terhadap pelaksanaan kegiatan.
2.
Ketua
bertanggung jawab terhadap pelaksanaan kegiatan.
3.
Bendahara
mengatur keuangan kegiatan.
4.
Acara
mengatur pelaksanaan kegiatan, membawahi tim gelar dongeng dan gelar buku.
5.
Gelar Dongeng
menyusun tema dongeng di setiap kegiatan, menghubungi pengisi acara.
6.
Gelar Buku
mengatur  dan mencatat sirkulasi buku
7.
Konsumsi
mengatur konsumsi untuk pengisi acara, panitia, dan peserta kegiatan.
8.
Humas dan Dokumentasi
membuat dan membagikan selebaran kegiatan yang akan digelar serta mendokumentasikan acara.

Sasaran:

Anak-anak di sekitar Masjid Babul Hasanah akan menjadi target pelaksanaan kegiatan.

Waktu:

Kegiatan ini akan dilaksanakan secara berkala, untuk tahap awal 3 bulan sekali. Jika sudah biasa berjalan dengan baik, sebulan sekali. Bahkan jika memungkinkan dwi mingguan. Minggu ganjil gelar buku, minggu genap gelar dongeng.

Tempat:

Kegiatan ini akan diselenggarakan di samping Masjid Babul Hasanah. Saya memilih di samping Masjid karena di sanalah sering menjadi tempat anak-anak berkumpul dan bermain.

Estimasi dana:

Acara: 200.000 (pengisi acara)
Konsumsi: 200.000 (perkiraan 20 orang)
Humas dan Dokumentasi: 25.000
Total: 425.000

Sumber dana: dana pribadi dan sponsor

Parameter keberhasilan:

Saya berharap dengan kegiatan ini anak-anak mendapatkan pengaruh baik, misalnya bertutur kata lebih sopan, lebih santun kepada orang tua, senang membaca buku, dan sebagainya. Mungkin terdengar klise parameter keberhasilan yang saya buat, namun saya pernah melihat pengaruh baik yang didapat oleh anak saya ketika ada dongeng di sekolahnya. Dia memang tidak ingat secara rinci jalan cerita dongeng yang dia dengr tapi dia mengingat nilai yang disampaikan. Harapan saya juga demikian, anak-ank di sekitar saya mendapatkan pengaruh baik dari buku yang mereka baca dan/atau dongeng yang mereka dengar. Semoga.

Nah itu mini project yang saya rencanakan. Semoga bisa terlaksana setelah wabah covid enyah dari bumi.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan berkomentar yang sopan ya :)



Jangan lupa follow IG @ummi_lilihmuflihah dan Twitter @UmmiLilih