Tuesday, October 15, 2019

Pengalaman Membuat Keju dari Susu Hometown


Lilih Muflihah

Tabik pun,

Terakhir saya pergi berdua dengan Mbak M ketika acara resepsi pernikahan seorang sahabat saya. Ketika saya ajak Mbak M untuk menemani saya pergi ke Mal Boemi Kedaton, ekspresinya sangat senang sekali. Apalagi tema acaranya membuat dia makin penasaran. Membuat keju sendiri adalah hal yang belum pernah terbayangkan oleh mbak M. Sehingga di perjalanan, banyak pertanyaan yang dia lontarkan. Tak banyak juga yang saya ketahui tentang keju. Untunglah pertanyaannya masih bisa dijawab oleh si ibu ini. Hehe...

Mal Bumi Kedaton Lantai 2 Sabtu sore itu lebih ramai dari biasanya. Saya dan Mbak M segera menuju lokasi. Mbak M duduk di pinggir di baris pertama. Kursi-kursi kecil dan meja-meja panjang  sudah tertata dengan rapi. Mbak M saya ajak dia berkenalan dengan anak teman saya. Mereka duduk berdekatan. Terus terang saya agak khawatir, Mbak M akan cepat bosan. Maklumlah anak saya memang tidak terlalu suka dengan keramain yang menjemukan. Namun ternyata Mbak M menikmati acara Bikin Keju Sendiri yang diadakan oleh Susu Hometown.
Bikin Keju Sendiri dari Susu Hometown
 
Keju memang bukan makanan asli Indonesia, namun banyak orang yang menyukainya. Keju dengan rasa yang enak memiliki banyak manfaat. Keju diolah dari susu yang kaya akan kalsium, sehingga keju baik untuk kesehatan tulang dan gigi. Keju juga banyak macamnya ada keju mozarella, keju cheddar, keju parmesan, dan sebagainya. Kalau saya biasa pakai keju cheddar. Biasanya saya gunakan untuk hiasan atau campuran makanan lain seperti pisang goreng keju.

Baca juga: Bakso Bonanza yang Praktis dan Enak

Pada kesempatan itu, anak-anak diajak melihat cara membuat ricotta cheese. Ricotta berasal dari kata bahasa Latin yaitu "recocta" yang berarti "dimasak lagi". Chef Gabby meminta seorang anak untuk mendampinginya membuat ricotta cheese. Susu yang digunakan untuk membuat keju adalah Susu Hometown. Cara membuatnya juga mudah. Satu  liter susu hometown dipanaskan dengan api kecil, lalu tambahkan satu sendok teh garam, sambil terus diaduk tambahkan 3-4 sendok makan perasan lemon. Aduk terus sampai susunya menggumpal ke atas. Matikan api, lalu dinginkan. Setelah itu disaring. Ricotta cheese enak dicampur dengan potongan pisang dan madu atau bisa juga dicampur buah naga. Akan lebih nikmat lagi didinginkan dikulkas sebelum dimakan.


Susu Hometown Dairy adalah susu murni yang dipasteurusasi.

 Susu Hometown Dairy

Susu Hometown merupakan susu pasteurisasi. Pasteurisasi adalah sebuah proses pemanasan hingga suhu 70-75ÂșC selama sekitar 15 detik. Proses pasteurisasi membuat susu segar aman dikonsumsi. Karena proses pasteurisasi, maka kesegaran susu Hometown ini hanya memiliki waktu 12 hari sejak tanggal produksi. Itu pun harus dijaga pada suhu 0-4 derajat. Dan apabila sudah dibuka, maka sebaiknya susu dikonsumsi tak lebih dari 3 hari. Ya wajarlah karena susu ini proses pemanasannya sebentar dan tanpa bahan pengawet, sehingga jangan didiamkan lama di kulkas. Eh tapi ya, susu ini nih emang gak mungkin berlama-lama di kulkas, begitu tutup botol dibuka langsung habis. Hehe...Percaya gak? Buktikan sendiri.

Baca juga: Beberapa Hal yang Perlu Diketahui untuk Mencegah Stunting

Hanya susu murni yang cocok untuk dibuat keju.
Hometown Dairy, salah satu produk minuman susu segar dari Great Giant Foods Lampung. Susu Hometown sangat cocok digunakan untuk membuat keju. Karena Susu Hometown adalah susu segar yang terjaga kemurniannya.  Karena setiap tetes susunya merupakan hasil dedikasi dan cinta. Peternakan sapinya terletak di Terbanggi Besar Lampung Tengah. Saya juga baru tahu kalau di Lampung Tengah ada peternakan sapi yang menghasilkan susu segar ini. Saya sempat berpikir kalau susu ini impor. Kemana aja ya saya? Hehe... maklum jarang jalan-jalan.
 
Keseruan anak-anak melihat demo membuat keju dari susu hometown.

Sebenarnya banyak susu cair lain yang beredar di pasaran, hanya saja susu ini punya kelebihan yaitu tidak ada tambahan pengawet, gula, atau zat adiktif lainnya. Di minum langsung bisa, jadi campuran makanan dan minuman lain juga bisa, misalnya puding susu. Bahkan Ibu saya menjadikan campuran di sop ayam, ternyata bisa menambah rasa masakan jadi lebih nikmat. Gak salah kalau memantapkan pilihan. Susu Hometown halal, kaya manfaat, dan rasanya enak.

Baca juga: Siomay Gabus

Mbak M sangat pemilih dalam hal susu. Dia hanya suka susu cair yang rasa coklat dan strawberry. Dia juga hanya suka susu bubuk rasa coklat. Namun dia sangat suka susu Hometown padahal tanpa campuran rasa. Saya cukup terkejut saat di acara Bikin Keju Sendiri, dia meminum habis susu hometown yang disediakan panitia. Di rumah pun dia minta lagi Susu Hometown. Rupanya dia suka Susu Hometown. Dia bilang rasanya enak. Nah kalau saya paling suka krim di atasnya, rasanya lezat dan gak eneg. Cobain geh.

Pengalaman pertama membuat keju dari Susu Hometown.

Minum susu banyak manfaatnya. Apalagi kalau susu yang diminum adalah susu murni seperti Susu Hometown Dairy. Manfaat susu antara lain mengandung kalsium, protein, dan zat besi. Kalsium sangat berguna untuk pertumbuhan tulang dan gigi, mencegah pengeroposan tulang, dan dapat juga menjaga kerja jantung agar tetap sehat. Protein hewani dapat meningkatkan daya tahan tubuh, membantu pertumbuhan, dan memperbaiki sel yang rusak. Sementara zat besi, memiliki peran penting dalam pertumbuhan dan perkembangan serta menjaga kesehatan tubuh. Wow banyak kan manfaatnya. Saya baru kemukakan sebagian mafaatnya ya.

Kalau masih penasaran ingin cari info lebih lengkap, bisa lihat dan baca di:
Instagram: @hometowndairy.id
Facebook: hometowndairy.id
Website: www.hometowndairy.co.id

1 comment:

  1. hehehehe mantaplah dapat ilmu, dapat pengalaman seru jadi tau yah buat keju itu macem mana, ternyata mudah

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan berkomentar yang sopan ya :)



Jangan lupa follow IG @ummi_lilihmuflihah dan Twitter @UmmiLilih