Friday, October 25, 2019

Cara Mengusir Jerawat yang Datang Menggoda


Lilih Muflihah


Tabik Pun,

Saya termasuk orang yang jarang sekali berjerawat. Kulit muka saya bisa dibilang normal, tetapi bukan berarti bebas dari jerawat. Sesekali jerawat muncul seperti bintang-bintang yang tampak di langit. Kadang jerawat datang tanpa diundang. Karena saya merasa sudah membersihkan wajah dan tubuh dengan baik, mengurangi makanan yang digoreng, dan sebagainya. Namanya juga jerawat meski kecil, bisa membuat suasana hati jadi biru. Apalagi jerawat gak hanya muncul di wajah, kadang di kepala, kadang di leher. Keadaan itu tidak hanya mengganggu penampilan tapi juga kenyamanan.


Dulu pernah ada seorang kawan yang bilang bahwa jerawat akan musnah setelah menikah. Ini nih ada kaitannnya dengan anggapan bahwa jerawat datang saat jatuh cinta. Konon, kalau cintanya sudah terpaut maka jerawat pun akan pergi dengan sendirinya. Apa iya? Hehe... Nyatanya setelah menikah masih ada juga jerawat bersemayam. Alih-alih menyalahkan diri yang kurang peduli dengan penyebab datangnya jerawat, jatuh cinta dijadikan kambing hitam. Hehe...

Wajah natural yang kadang diterpa jerawat juga.

Jerawat datang pasti karena ada sebabnya. Jerawat datang bisa saja karena faktor hormon, stres, terpapar sinar matahari, ruangan ber- AC, dan faktor lainnya. Namun demikian kita juga bisa mencegahnya dengan melakukan perawatan terhadap kulit secara teratur. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengusir jerawat agar tidak datang menggoda, antara lain:

Membersihkan wajah.

Membersihkan wajah dengan sabun wajah yang formulasinya ringan, bisa juga menggunakan air hangat. Namun hati-hati, mencuci muka dengan cara yang salah, bisa membuat minyak alami kulit hilang. Cukuplah dua kali sehari mencuci muka dengan sabun wajah.

Mencuci muka memang baik untuk kesehatan,
gunakan sabun cuci wajah dua kali sehari.

Mengurangi penggunaan riasan yang tebal.

Untuk sebagian orang, memakai riasan adalah kebutuhan. Padahal riasan yang tebal dapat menyumbat pori-pori kulit. Oleh karena itu penting bagi kita untuk memilih kosmetik yang digunakan dan membersihkan wajah sisa-sisa kosmetik yang menempel di wajah.

Mengatur Pola Makan

Mengatur pola makan dengan makan makanan yang sehat sehingga kulit ikut mendapatkan nutrisi yang tepat. Kulit kita sangat membutuhkan manfaat dari sayur, buah dan biji-bijian. Hindari makan makanan cepat saji, gorengan, atau makanan dengan kandungan gula yang tinggi.

"Nikmati saja hidup ini, jangan dibuat stres. Syukurilah apa yang kita punya."

Menghindari stres.

Kadang kala kita tidak menyadari kalau kita sedang mengalami stres. Kita hanya merasakan kesal, kurang bersemangat, atau tiba-tiba rasanya ingin menumpahkan semua air mata. Nah, keadaan seperti ini bisa terjadi pada siapa saja. Tidak ada salahnya, kita bercerita pada teman, saudara atau pasangan daripada dipendam, akhirnya jadi jerawat. Hehe.... 

Hindari kulit dari terpapar panas matahari dan AC berlebih. 

Segala hal yang berlebihan sudah tentu akan berdampak negatif. Menghindari matahari bukan berarti tidak mau kena matahari, karena cahaya matahari juga penting bagi tubuh kita. Menghindari AC juga bukan berarti kita rela berkeringat di dalam ruangan. Gunakan sesuai porsinya.

Jerawat yang membandel memang tidak bisa dibiarkan begitu saja.


Jika jerawat masih saja bandel dan tetap menempel di wajah kita. Apa yang harus kita lakukan? Ini ada tipsnya.

Jangan memencet jerawat.

Sering kali tangan suka greget ingin memencet jerawat, apalagi kalau ada cermin di dekat kita.Terlihat banget bentuk jerawat dan jerawat seperti melambai-lambai meminta dipencet. Biasanya selain greget, memencet jerawat tujuannya supaya jerawat cepat mengilang. Namun memencet jerawat hanya akan membuat proses penyembuhan semakin lambat dan sudah pasti akan meninggalkan bekas jerawat.

Acne Cleanser Srcrub Beta Plus dari Erha,
sabun wajah yang bisa mengusir penyebab jerawat.

Membersihkan wajah dengan sabun wajah yang tepat.

Tidak bisa dipungkiri, jerawat itu datang karena kita kurang menjaga kebersihan kulit. Tumpukan debu, kotoran, dan minyak yang menempel menyumbat pori, sudah pasti bakal jadi jerawat. Acne Cleanser Scrub Beta Plus (ACSBP) bisa kita pilih untuk membersihkan wajah. Sabun wajah ini teksturnya lumayan creamy tapi nggak terlalu kental dan ada butiran scrubnya yang bulat sempurna, membantu membersihkan pori-pori wajah. Si butiran scrub ini mengangkat sel kulit mati da kotoran hingga ke pori-pori. Kandungannya terdiri dari Salicylic Acid dan Sulphur. Salicylic Acid adalah zat kimia yang terbuat dari karbohidrat kompleks yang sering digunakan pada sabun wajah khusus kulit berjerawat. Fungsingnya sebagai anti-inflamasi dapat meredakan peradangan yang terjadi saat jerawat muncul. Selain itu, sulphur yang terkandung pada facial scrub ini sebagai anti-bakteri yang mampu membutuh bakteri penyebab munculnya jerawat. Perpaduan asam salisilat dan sulfur secara efektif berfungsi mengurangi produksi minyak berlebih, membunuh bakteri penyebab jerawat, dan mempercepat pengeringan jerawat.

Acne Spot Gel yang bisa membantu mengusir jerawat
yang datang menggoda.

Mengobati jerawat dengan telaten.

Saat jerawat muncul, gak ada yang bisa kita lakukan selain mengobatinya. Namun kita juga harus cermat dalam memilih obat jerawat yang cocok untuk kita. Banyak obat jerawat dipasaran. Acne Care Lab Acne Spot Gel dari ERHA adalah obat jerawat yang terbukti secara klinis menghilangkan jerawat. Tetapi gak hanya itu, bisa juga mengilangkan noda hitam bekas jerawat  sejak hari ketiga. Kok bisa? Ya karena Acne Care Lab Acne Spot Gel ini diformulasikan untuk mengurangi peradangan, mempercepat penyembuhan, dan mencegah hiperpigmentasi pada spot jerawat aktif. Karena dia mengandung sulfur dan salisilat, efektif sebagai antibakteri  penyebab jerawat dan membantu mengeringkan jerawat. Selain itu juga mengandung hidrogen peroksida, zinc glacoate, dan dipotasium glycyrhizinate. Kalau sudah diobati tinggal lihat deh hasilnya. Usaha gak pernah menghianati hasil. Tetapi, yang perlu diingat semua butuh proses. Jerawat tidak bisa hilang dalam sehari, butuh ketekunan dan keyakinan dalam mengobatinya.

Pasangan yang pas untuk mengusir jerawat yang datang menggoda.

Erha Acne Facial Wash ACSBP dan Erha Acne Spot Gel merupakan pasangan yang pas untuk mengusir jerawat yang datang menggoda. Nah produk ini tidak perlu resep dokter karena ada di seluruh Erha Clinic di Indonesia atau Erha Apothecary yang ada di Mal. Kalau gak punya waktu buat keluar cari produk Erha, gak usah khawatir. Produk ini bisa didapat secara online di erhastore.co.id.

Selamat tinggal jerawat, jangan godain kita lagi ya. :)

14 comments:

  1. Aku pun kadang punya masalah jerawat^^ makasih infonya mbak..Bisa jadi alternatif perawatan nih^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mba. Jerawat itu gak diundang tapi dia datang. Trims mba sudah berkunjung ke blog saya.

      Delete
  2. Recomended bgt mba Erha Acne Facial Wash ACSBP dan Erha Acne Spot Gel nyaa, gausa ribet2 perawatan dokter. Tp tangan suka gatel bgt mbaa pen mencet2 jerawat.:")

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mba. Greget rasanya. Jerawat kok tiba-tiba muncul begitu aja. Trims Mba sudah mampir.

      Delete
  3. Wah cocok kali ya sabub Acne Cleanser Scrub Beta Plus (ACSBP) buat wajah yg berminyak dan kusam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seger banget dipake buat cuci muka. Coba deh. Trims ya sudah mampir.

      Delete
  4. Aku jarang sih pakai obat jerawat, biasanya nggak lama hilang. Tapi sekarang lagi ada jerawat yg lama juga nggk pergi pergi hehe. Apa perlu coba ya 😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh dicoba, mba. Mungkin itu jerawat cari perhatian. Dikasih perhatian dengan duet ACSB dan erha spot gelnya aja. Hehe... Trims ya mba sudah mampir.

      Delete
  5. Wah, ini produk nya menggoda untuk mencoba. Boleh tau harganya berapa ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan dicoba. Acne spot gelnya yang 10 gr harganya 49 ribuan. ACSBP yang 60 gr harganya 80 ribuan. Trims sudah mampir.

      Delete
  6. Saya sering memencet jerawat. Hehe... menurut saya lebih cepat sembuhnya. Bekasnya cepat hilang kok dengan ctmp rutin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe... Jerawatnya pengertian berarti, Mba. Trims ya mba sudah mampir.

      Delete
  7. Aku biasanya muncul jerawat saat mau haid. Jadi sudah langganan��. Dan tanganku biasanya suka jahil. Pencet2. Tujuannya biar jerawat hilang. Ternyata itu malah memperlambat penyembuhan ya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mba. Jangankan mencet, menyentuh jerawat aja bisa mengundang bakteri lain masuk ke jerawat lewat tangan kita. Trims Mba sudah mampir.

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan berkomentar yang sopan ya :)



Jangan lupa follow IG @ummi_lilihmuflihah dan Twitter @UmmiLilih