Monday, October 14, 2019

Bakso Bonanza yang Praktis dan Enak

Lilih Muflihah



Tabik Pun,


Kisah tentang bakso itu gak ada habisnya. Bener gak? Yang namanya bakso dibuat apa aja pasti enak, ya kan? Tetapi rasa itu gak pernah bohong, komposisi si bakso itu berpengaruh banget. Coba deh, bedakan rasa bakso yang lebih banyak dagingnya dengan yang lebih banyak sagu atau terigunya. Hehe… Sudah kebayang kan rasanya? Bisa dibilang hampir semua orang suka dengan bakso. Bahkan sepupu saya sungguh tergila-gila dengan jenis makanan yang satu ini. Gak Cuma itu, kadang saat berkumpul dengan teman-teman, jika tidak ada kata sepakat dengan menu, maka dipilihlah bakso sebagai solusi.


Mungkin karena bakso digemari banyak orang, dari berbagai kalangan, kadang-kadang kita menemukan bakso yang dibuat dengan cara yang tidak benar. Bahkan menggunakan bahan yang tidak halal. Aduh, disitu kadang saya merasa sedih. Padahal kan tubuh kita punya hak untuk mendapatkan makanan yang halal dan baik, yak an? Sesekali saya buat bakso sendiri di rumah, untuk menghindari bakso yang gak enak dan gak banget itu.Kemudian bakso hasil karya sendiri itu dikreasikan dengan berbagai resep. Namun bagi saya saat ini, membuat bakso sendiri itu, sangat berat tantangannya. Yah maklum punya 2 balita dan 1 bayi. Hehe…

Chef Gaby sedang berkreasi dengan Bakso Bonanza

Betapa beruntungnya saya, ketika berkenalan dengan Bakso Bonanza pada 4 Oktober 2019. Meskipun cuaca di luar panas, saya rela naik ojek online menuju Mal Boemi Kedaton, Bandar Lampung. Jumat siang itu saya ikut Demo Masak Kreasi Bakso Bonanza. Tentu saja saya sangat antusias, selain saya bisa lihat Chef Gaby Darmadji memasak, saya juga bisa bertemu dengan teman-teman dari Tapis Blogger yang selalu membuat kecerian di mana saja berada.


Bakso Bonanza Praktis dan Enak

Pada acara demo masak itu, saya berkesempatan juga mencicipi lezatnya bakso kuah, bakso goreng, dan bakso bakar keju. Perut yang tadinya sedikit keroncongan, jadi hening seketika karena kenyang. Di sela saya menggigit bakso dan mengunyahnya, saya sempat  terpikir tentang sejarah bakso. Jangan heran, saya memang begitu orangnya, senang berpikir. Hehe… Saya ingat pernah mencari di google dan menemukan bahwa bakso merupakan makanan yang berasal dari daratan Tiongkok. Konon bakso merupakan bentuk kasih sayang anak terhadap ibunya.  Karena si anak ingin agar ibunya yang sudah tua bisa makan daging, ia mengolahnya menjadi bakso. Inspirasi  membuat bakso, ia dapatkan dari kue mochi. Resep bakso itu menyebar sampai ke Indonesia, menjadi kegemaran banyak orang.

Bakso Bonanza yang praktis dalam kemasan

Bakso Bonanza bisa jadi solusi bagi ibu yang sibuk seperti saya. Bisa jadi alternatif menu buat anak-anak. Tak perlu khawatir, bakso Bonanza ini tanpa bahan pengawet apalagi pemutih. Bakso ini halal, enak, dan dagingnya berasa banget. Sekarang bukan masalah lagi, kalau gak bisa buat bakso sendiri. Bakso Bonanza ini praktis, bisa dikreasiikan jadi apa aja, bakso kuah, bakso goreng, bakso bakar, bakso tumis, dan lain-lain. Sebisanya kita aja mau dimasak apa si bakso bonanza ini.


Kreasi Bakso Bonanza yang Praktis dan Enak

Nah, ini ada resep bakso buatan saya sendiri. Dalam memasak saya biasanya mengandalkan perasaan. Semua dikira-kira, wortel segini, bawang segitu, yang penting ketika dicicip pas rasanya. Sering kali gak memikirkan tampilan masakan. Ya mau bagaimana lagi, Ibu tiga anak ini belum punya waktu untuk itu. Harap maklum ya. Komposisi warnanya mungkin kurang menarik, tetapi indikator keberhasilan memasak saya adalah saat anak-anak bilang enak dan mereka minta tambah. Ini resepnya ya, silakan dicoba. Jangan lupa tambahkan rasa cinta dan ikhlas supaya makanan yang dimasak tambah berkah. Aamiin.

Bakso Campur Sayur Telur yang hampir habis.

Resep Bakso Campur Sayur dan Telur

Bahan:
  • 500 gram Bakso Bonanza
  • 5 buah telur ayam rebus
  • 2 buah Wortel
  • 7 buah Buncis
  • 1 buah Kentang ukuran sedang
  • 1 sdm minyak makan


Bumbu:
  • 7 siung Bawang merah
  • 5 siung Bawang putih
  • 1 siung Bawang Bombay ukuran sedang
  • Garam secukupnya
  • Air secukupnya
  • Santan secukupnya
  • Kecap secukupnya
  • Lada bubuk sesuai selera


Cara membuat:
1. Tumis aneka bawang dengan minyak makan sampai harum. Lalu masukkan wortel, buncis, dan kentang yang sudah dipotong-potong. Kemudian masukkan kecap dan air, aduk sampai merata. Tutup sampai sayuran setengah matang. Setelah itu masukkan lada dan santan, sambil diaduk pelan.
2. Sembari diaduk, masukkan bakso dan telur, jangan lupa beri garam. Jika ingin lebih berkuah, bisa ditambahkan santan lagi.
3. Jika sudah matang, angkat dan sajikan.

Foto bareng Chef Gaby dalam Kreasi Bakso Bonanza

Bagaimana? Mudah kan? Bahan-bahannya mudah didapat, masaknya juga praktis. Yang paling penting, rasanya enak. Jika ingin tahu lebih banyak tentang Bakso Bonanza bisa dilihat di:


Instagram: @bonanzabeef.id
Fesbuk: bonanzabeef.id
Website: www.bonanza-beef.co.id

2 comments:

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan berkomentar yang sopan ya :)



Jangan lupa follow IG @ummi_lilihmuflihah dan Twitter @UmmiLilih