Wednesday, September 11, 2019

Tapis Blogger Mencintai Lampung dengan Narasi dan Fotografi

Lilih Muflihah




Tabik pun,

Kali ini saya akan bercerita tentang keseruan menghadiri acara Milad Ke-3 Tapis Blogger. Setelah sekian lama menunggu akhirnya saya bisa juga hadir dalam acara milad Tapis Blogger. Ada saja kendala yang merintangi keberangkatan saya di acara milad sebelumnya. Namun akhirnya, dengan diantar suami tercinta sampailah saya di Warung Sudirman. Café yang lampu-lampunya unik itu, ikut menjadi saksi kehadiran saya.

Acara Milad Tapis Blogger yang ke-3 diselenggarakan pada Ahad, 31 Agustus 2019. Acara Milad kali ini dikemas  dalam bentuk Talkshow. Acara yang meriah dan penuh kehangatan ini dibuka oleh perwakilan dari Dinas Pariwisata. Turut pula dihadiri oleh anggota dan non anggota Tapis Blogger dan disponsori oleh Pariwisata Lampung, Papa Toms, DD Lampung, Mumuqo Store, Dapoer Sulis, Café Perut Bulat, Thasya Busana, Yara Art and Craft, Grab Lampung, Slanik Water Park, dan Ayam Bakar Juleeha.

Saksi kehadiran saya di acara Milad ke-3 Tapis Blogger,
Mencintai Lampung dengan Narasi dan Fotografi

Pada acara Milad Tapis Blogger yang ketiga ini, menghadirkan tiga orang pembicara, yaitu Yopie Pangkey (Fotografer), Adian Saputra (Pimred Jejamo.com), dan Naqiyyah Syam (Founder Tapis Blogger). Mereka berbagi tips dan pengalaman sesuai tema acara kali yaitu Mencintai Lampung dengan Narasi dan Fotografi. Tema ini memang pas banget untuk diambil. Sebagai warga yang tinggal apalagi lahir di Lampung, memang sudah sepantasnya mencintai Lampung. Apalagi Lampung diberkahi dengan keindahan alam yang tak kalah dengan daerah lain di Indonesia.


Yopie Pankey pada kesempatan tersebut memberikan tips seputar fotografi. Sementara Adian Saputra memberikan tips seputar kepenulisan, dan Naqiyyah Syam memberikan tips meningkatkan personal branding. Oke, kita kupas ya satu per satu, apa saja yang dikatakan para pembicara,

1. Yopie Pankey  

*Bang Yopie merupakan fotografer yang foto-fotonya sering dipakai orang lain atau instansi. Ada yang dengan izin dan ada juga yang tanpa izin. Ada yang membeli ada juga yang mencuri. Tapi hal tersebut tidak membuatnya pusing, ia terus menghasilkan karya terbaiknya. 

*Keistimewaan foto yang diambil oleh Bang Yopie terletak pada anglenya, angle foto yang tidak dimiliki oleh fotografer lain. 

*Menurut Bang Yopie agar foto yang diambil dinamis tidak statis, perlu memerhatikan pencahayaan, komposisi foto, angle, bentuk, framing, guiding line, foreground, dan background. 

*Bang Yopie juga mengatakan bahwa untuk mendapatkan hasil foto yang bagus, bisa juga menggunakan kamera Handphone. Tidak harus menggunakan kamera khusus, bergantung pada kebutuhan. Apalagi saat ini fotografi sudah menjadi gaya hidup, pengambilan foto dengan kamera Handphone dirasa lebih nyaman dan praktis.

2. Adian Saputra

*Bang Adian yang kini juga mengajar di UIN Raden Intan, merupakan jurnalis yang sudah banyak pengalaman. Dia sangat suka membaca, yang menjadikannya mudah dalam membuat tulisan.

*Menurut Bang Adian dibutuhkan totalitas dalam menulis atau membuat konten di blog untuk meningkatkan kapasitas diri. Untuk menghasilkan narasi yang bagus diperlukan banyak membaca, karena membaca dapat memperbanyak diksi. 

*Bang Adian juga mengatakan bahwa narasi yang bagus itu yang baik harus punya kedalaman. Kedalaman didapat jika apa yang disampaikan lengkap, menyeluruh. Sehingga tulisan itu bisa kena di hati. Selain itu judul juga menentukan menarik atau tidaknya tulisan. 

*Bang Adian berpesan untuk memulai menulis, gunakan gaya bahasa yang ringan, menulis saja dulu. Jangan berpikir tentang uang dulu karena uang akan mengikuti kesuksesan. Yang penting adalah totalitas berkiprah dalam dunia tulis menulis atau dunia blogger dengan membuat konten yang positif, terus menulis, dan memiliki ciri khas.

3. Naqiyyah Syam

*Naqiyyah Syam merupakan seorang blogger, yang sudah lebih dulu terkenal sebagai penulis. Bahkan pernah ada yang menjulukinya sebagai Ratu Antologi.

*Mbak Naqi mengatakan bahwan media sosial merupakan etalase seseorang. Kita harus membedakan dunia nyata dengan dunia maya, karena orang akan melihat media sosial kita seperti apa. Sehingga media sosial sebaiknya jangan diisi dengan curahan hati atau kekesalan kita. 

*Naqiyyah Syam juga berpesan untuk terus memperbaiki personal branding media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Blog. Pilihlah profil yang sesuai dengan kita. Foto profil jangan sering diganti-ganti, begitupun dengan header blog. Buatlah header blog khusus yang digunakan agak lama, agar melekat di identitas personal kita.

Baca juga: 5 Rahasia Menulis Ala Tere Liye

Foto bersama di acara Milad Tapis Blogger ke-3,
Sumber foto: Naqiyyah Syam

Selain talkshow, acara milad Tapis Blogger juga diisi dengan games, lomba foto di Instagram, potong tumpeng, dan makan siang bersama. Ada juga lomba menulis di blog tentang acara ini. Banyak hadiah yang dibagikan, saya juga kebagian dapat  door prize. Hehe.. Yang pertama saya berhasil menjawab nama keempat pendiri Tapis Blogger, yang kedua karena saya ikut bertanya. Saya bertanya bagaimana menulis kisah perjalanan, karena saya belum pernah berhasil menulis kisah perjalanan. Dan semoga saya juga bisa mendapatkan hadiah dari lomba menulis blog. Doakan ya.
Sebenarnya saya malu menyatakan diri saya sebagai blogger. Meski sudah lama memiliki blog, bisa dihitung dengan jari berapa kali saya memposting tulisan di blog. Alasan saya ikut dalam komunitas blogger merupakan salah satu cara untuk memotivasi diri agar lebih sering menulis di blog, selain itu para anggota Tapis Blogger begitu ramah dan berwawasan luas dalam ilmu menulis dan ilmu ngeblog. Apalagi para pendirinya yang luar biasa banyak pengalamannya.

Komunitas Tapis blogger didirikan pada 31 Agustus 2016 oleh empat orang ibu yaitu Naqiyyah Syam, Heni Puspita, Fitri Restiana, dan Izzah Annisa. Tapis Blogger merupakan komunitas blogger di Lampung, yang selalu berbenah diri meningkatkan kualitas manajemen organisasi dan anggotanya. Tapis Blogger juga konsisten dalam peningkatan kualitas literasi di Lampung. Sampai sekarang banyak pihak yang sudah bekerjasama dengan Tapis Blogger.


Penuh kebahagiaan di acara Milad Tapis Blogger yang ke-3,
Mencintai Lampung dengan Narasi dan Fotografi

Saat ini blogger menjadi alternatif profesi. Banyak orang yang mulai melirik profesi ini. Namun kadang orang lupa bahwa tidak ada yang instan. Menjadi blogger memang dapat menghasilkan uang tapi segala sesuatu yang menghasilan diperlukan usaha. Seberapa besar usaha berbanding lurus dengan yang dihasilkan. Bagi saya untuk saat ini, menjadi blogger adalah salah satu hobi saya. Berharap juga suatu saat, bisa meningkat menjadi blogger profesional.

Baca juga: 9 Alasan Menulis di Blog

Pernah ada teman bertanya komunitas seperti apa Tapis Blogger itu, ada juga yang bertanya bagaimana cara ikut Tapis Blogger. Nah jika kamu memiliki pertanyaan yang sama, baca dengan seksama ya.

Visi Tapis Blogger

Menjadi komunitas bloggernya orang Lampung.

Misi Tapis Blogger
  • Menjadi wadah komunikasi blogger yang ada di Lampung,
  • Mengenalkan Lampung lewat blog
  • Mendukung dan ikut menyukseskan kemajuan literasi di Lampung.
Syarat menjadi Anggota Tapis Blogger
  • Domisli di Lampung atau pernah tinggal di Lampung (lagi merantau).
  • Punya Blog atau berminat membuat blog.
  • Mengisi Formulir Pendaftaran (klik di sini)
  • Klik tautan ini dan isi biodatamu
  • Jika kamu sudah mengisi formulir dan mengisi biodata di tautan di atas, jangan lupa konfirmasi pendaftaranmu ke nomor WA:  081379562508
Tumpeng Milad Tapis Blogger yang ke-3,
Mencintai Lampung dengan Narasi dan Fotografi

Nah kalau kamu berminat, tunggu apalagi, mari bergabung dengan Tapis Blogger. Sekali lagi, Selamat Milad Tapis Blogger yang ke-3, semoga jaya dan berkah. Hai Lampung, tahukah Kamu? ada Tapis Blogger yang mencintaimu dengan narasi dan fotografi, yang konsisten terhadap kemajuan literasi di Lampung.

#Milad3TapisBlogger
#LombaBlogMiad3TapisBlogger
#TapisBlogger

12 comments:

  1. Keren mb tulisannya. Detail dg informasi terkait milad kemarin. Aku serasa mengulang ingatan kemarin. Thanks mb. Mg Tapis Blogger makin jaya bersama dunia literasi. Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya, mba Yoharisna. Senang banget akhirnya saya bisa ikutan acara milad Tapis Blogger. Saya pun punya harapan yang sama dengan Mbak

      Delete
  2. Blogger Tapis memang keren.
    Banyak ilmu kemarin dirapetin.
    Makasih review-nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima Kasih, Bang Beni sudah mampir ke blog saya. Senang sekali bisa hadir di acara milad kemarin dan bertemu dengan orang-orang yang kece.

      Delete
  3. Selamat Ulang Tahun Tapis Blogger senang sekali bisa menjadi bagian dari komunitas ini. Dan sangat Bermanfaat sekali point2 penting dari para pembicaranya menambah sudut pandang lagi dari segi fotografi dan blog 👍👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima Kasih, Nuril Huda sudah berkunjung ke blog saya. Banyak hal yang saya dapatkan dari acara milad kemarin

      Delete
  4. Aku pengen ikut tapi belum pernah punya kesempatan. Ada aja yang bikin gak jadi berangkat. Sukses terus Tapis Blogger! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima Kasih, Lia sudah berkunjung ke blog mbak. Jangan sedih, Lia. Semoga acara milad TApis Blogger berikutnya kita bisa datang ya, meet up dan foto-foto.

      Delete
  5. Sayang banget nggak bisa hadir acara milad kemarin T.T
    Materinya menarik sekali ya, mbak. Saling mendukung utk meningkatkan kualitas blog kita, dg foto yg menarik, tulisan yg bagus, dan media sosial utk promo blog kita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima Kasih, mba Izza sudah berkunjung ke blog saya. Semoga bisa ikut ke acara meet up dengan anggota Tapis Blogger berikutnya

      Delete
  6. Asik ya mbak, cover artikelnya udah disambut sama foto pegang doorprize aja hihi, alhamdulillah banget plus dapet materi penunjang ngeblog yang lengkap banget langsung dari sumbernya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih, Latifah sudah berkunjung ke blog mbak. Seneng banget pastinya dapet doorprize. Pas banget ada foto hasil jepretan mba Linda di hape aku

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan berkomentar yang sopan ya :)



Jangan lupa follow IG @ummi_lilihmuflihah dan Twitter @UmmiLilih